Kamis, 29 Desember 2011

IKAN KECIL YANG TIDAK MAU MELAKUKAN SEPERTI YANG DIPERINTAHKAN

“Ibu yang baik,” kata seorang ikan kecil,
            “Bukankah itu seekor lalat?
Aku sangat lapar dan aku ingin sekali
            Engkau perbolehkan untuk pergi dan menangkap.”

“Anak bodoh yang manis,” teriak ibunya,
            Dan ia keluar dari tempat kesukaannya,
“Lalat yang menakutkan itu dipasang
            Untuk menyembunyikan tajamnya kail.”

Nah, seperti yang aku dengar, ikan trout kecil ini
            Masih muda dan bodoh juga,
Dan dia berpikir dia ingin menyelidik,
            Untuk memastikan apakah hal itu benar adanya.

Dan disekeliling kail itu dia bermain-main,
            Dengan tatapan yang menyelidik,
Dan-“Wah,” katanya pada dirinya sendiri,
“Aku yakin ini bukan sebuah kail.

Aku hanya perlu melakukan satu tarikan kecil;
            Coba lihat, dan aku akan melakukannya.”
Lalu dia melakukannya dan lihat! Dia terkait
Sampai menyangkut di insangnya yang kecil.

Dan sementara dia menjadi lemah dan semakin lemah,
Dengan suara yang lirih dia berseru,
“Ibu yang baik, kalau saja aku menurutimu,
Aku tidak harus mati sekarang.”

0 komentar:

Posting Komentar