Minggu, 06 Februari 2011

Lebih Banyak Cinta dan Penghargaan, Bagaimana Caranya?

Dengan cara yang sama, seorang wanita butuh untuk dicintai dan seorang pria butuh untuk dihargai. Jika seorang wanita merasa dicintai, dia akan dengan senang hati menghargai suaminya. Dan jika seorang pria merasa dihargai, dia akan dengan sendirinya menunjukkan cintanya kepada istrinya.
Tetapi kebalikkannya juga nyata. Jika seorang wanita merasa tidak dicintai, maka dia akan merespon suaminya dengan tidak hormat. Dan jika seorang pria merasa tidak dihargai,



maka dia akan memperlakukan istrinya bukan dengan cara-cara yang penuh kasih. Dr. Emerson Eggerichs, pengarang buku Love and Respect menyebut dinamika ini sebagai, ‘siklus keluarga gila”
Kabar buruknya siklus itu merupakan tantangan dalam sebuh keluarga untuk dihentikan. Dan kabar baiknya adalah bahwa semua siklus itu bisa dihentikan. Ketika suatu waktu terjadi dan anda menangkap diri anda berada dalam pola yang lama, segera menggantinya dengan reaksi yang penuh cinta dan juga penghargaan sebagai respon. Ini akan sangat susah dilakukan untuk awalnya, karena ini adalah hal yang baru untuk anda! Tetapi perubahan itu sedang berjalan menuju pernikahan anda, dan rasakan perbedaannya!
Bagaimana caranya seorang wanita menunjukkan hormatnya kepada suami?
•Mintalah pendapat suami dalam mengambil keputusan, dimana suami anda tidak pernah dilibatkkan sebelumnya.
•Tegaskan padanya, betapa anda menghargai kekuatan hatinya.
•Katakan hal-hal yang baik tentang suami anda kepada orang lain.
•Percayalah suami anda. Percaya yang terbaik dari diri suami anda.
•Membutuhkannya, dan biarkan suami anda mengetahui bahwa anda membutuhkannya didalam hidup anda.
•Ketika terjadi konflik, berbicaralah dengan hormat ketika anda memiliki pendapat yang lain. Pikirkan kembali kata-kata suami anda dan biarkan suami anda tahu bahwa anda mendengarkannya.

Bagaimana seorang lelaki menunjukkan cintanya kepada sang istrinya?
•Sentuh istri anda dengan penuh kasih dan bukan dengan nafsu, secara teratur. Wanita membutuhkan sentuhan yang penuh kasih.
•Berbicaralah dengan istri anda setiap hari, dengarkan curahan hatinya dan perasaannya.
•Dengarkan istri anda, tanpa berusaha untuk memecahkan masalahnya. wanita terkadang hanya ingin didengarkan
•Katakan hal-hal yang baik tentang istri anda kepada orang lain.
•Tetapah berhubungan dengan istri ketika anda sedang berada di luar rumah, mengirimkan pesan singkat, email atau menelponnya. Meskipun hanya sebentar, tapi sangat berarti dan istri anda akan merasa diperhatikan
•Ketika terjadi konflik , pertegas cinta anda kepada sang istri, pikirkan kembali kata-kata yang telah dikomunikasikan kepada anda. Ini akan membuatnya merasa didengarkan.

Bahkan jika pasangan anda belum menangkap kebutuhan anda untuk merubah cara pasangan untuk merespon anda, anda bisa mulai menghentikan “siklus keluarga gila” ini hari ini juga, dengan memilih merespon dengan cara yang berbeda. Dan jika salah seorang dari pasangan berubah dalam suatu pernikahan, maka pernikahan itu akan mulai bergerak ke arah yang benar.
Semoga

0 komentar:

Posting Komentar