Selasa, 21 Juni 2011

KELUARGA BAHAGIA TAK HARUS KAYA

Tidak bisa dimungkiri, kadang keadaan ekonomi keluarga yang pas-pasan membuat orang sulit mensyukuri keadaan. Kekayaan atau keadaan seolah menjadi syarat sebuah keluarga dapat disebut bahagia.
Sehingga pada akhirnya, karier suami yang tidak juga maju menjadi sesuatu yang terus menjadi masalah. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, materi dan fasilitas berlebih tidak menjadi syarat utama agar kehidupan Anda bersama suami dapat disebut bahagia. Berikut hal-hal yang dapat Anda syukuri dari pasangan Anda :

1.      Pendengar yang baik
Hubungan suami istri akan sehat dan bahagia jika komunikasi antara kedua pihak efektif. Menjadi pendengar yang baik adalah kuncinya. Karena itu, bersyukurlah karena pasangan Anda tidak menginterupsi Anda ketika Anda mengatakan pemikiran Anda. Bersyukurlah karena pikirannya tidak kemanamana ketika mendengarkan Anda. Artinya, ia fokus. Bersyukurlah karena pasangan Anda adalah seorang pendengar yang baik.

2.      Penganut Paham Bertengkar Sehat
Hubungan yang sehat dan bahagia akan dicapai ketika suami dan istri dapat menyelesaikan ketidaksetujuan mereka dengan berbicara secara tenang, serta tidak berteriak, menghina dan menuduh satu sama lain. Pertengkaran yang sehat juga dpatb tercipta jika masing-masing pihak paham ia harus memberikan waktu untuk pasangannya mengungkapkan pikiran, meminta maaf jika dirinya memang saah, dan memaafkan kesalahan pasangannya. Karena itu bersyukurlah jika suami Anda menerapkan paham ini dengan baik.

3.      Tidak Egois
Meski kehidupan ekonomi pas-pasan, dan karier suami Anda beum juga maju, bersyukurlah karena suami Anda tidak egois. Bersyukurlah karena suami selalu mengutamakan kepentingan Anda dan selalu mencoba membuat Anda bahagia, dan mendukung Anda. Namun, jangan biarkan sikap suami Anda ini bertepuk sebelah tangan. Anda pun seharusnya tidak menunjukkan sikap egois kepada suami Anda.

4.      Setia
Bersyukurlah jika suami Anda setia. Amsal 19:22 mengatakan, “Sifat yang diinginkan pada seseorang adalah kesetiaanya; lebih baik miskin daripada seorang pembohong.”

5.      Bertanggung Jawab
Kesadaran akan tanggung jawab adalah sesuatu yang penting. Tidak mengapa hidup pas-pasan asalkan pasangan Anda bertanggung jawab, melakukan apa pun yang Ia bisa dengan kemampuan terbaiknya untuk memberikan apa yang seharusnya ia berikan untuk keluarga. Bukankah hal ini adalah sesuatu yang sangat berharga dan pantas untuk disyukuri?

WOMAN IDEAS, Juni 2011. Spirit for Woman

0 komentar:

Posting Komentar